RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ………
Kelas / Semester : VI (Enam) / 1
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 2 : Operasi Hitung Campuran Bilangan cacah dan campuran
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 Pertemuan 2 JP)
Hari / Tgl Pelaksanaan: ................ / ........................
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah membaca soal, siswa mampu menyebutkan bentuk operasi hitung campuran distributif dengan benar.
Setelah menentukan bentuk operasi hitung campuran, siswa mampu menyelesaikan soal dengan benar.
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Bupin kelas 6
LAMPIRAN 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
Operasi hitung campuran adalah operasi hitung yang melibatkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Berikut aturan yang perlu diperhatikan dalam operasi hitung campuran bilangan cacah.
Mengerjakan lebih dahulu operasi hitung yang berada dalam tanda kurung.
Penjumlahan dan pengurangan sama kuat, maka kerjakan secara berurutan dari depan atau dari kiri ke kanan.
Perkalian dan pembagian lebih kuat dari pada penjumlahan dan pengurangan, maka dahulukan mengerjakannya.
Perkalian dan pembagian sama kuat, maka kerjakan secara berurutan dari kiri ke kanan.
Contoh :
Tentukan hasil 124 + 125 : 5 x 16
Penyelesaian :
Langkah 1:
Perkalian dan pembagian sama kuat, maka kerjakan operasi di sebelah kiri dahulu yaitu pembagian.
124 + 125 : 5 x 16
124 + 25 x 16
Langkah 2:
Perkalian lebih kuat dari pada penjumlahan, maka dahulukan perkalian.
134 + 25 x 16
124 + 400
Langkah 3:
Lakukan operasi penjumlahan untuk memperoleh hasil akhir.
124 + 400 = 524
Jadi, hasil dari 124 + 125 : 5 x 16 adalah 524
G. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
Penilaian
Matematika
Guru menilai pekerjaan siswa dengan memberikan skor. Setiap soal memiliki bobot 5.
Pengayaan
Siswa dapat membuat dua soal matematika dan disimpan di meja. Soal-soal ini kemudian dikerjakan oleh temannya.
Remedial
Siswa yang belum memahami konsep operasi bilangan hitung campur dapat belajar dengan guru.
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus dengan menggunakan benda konkrit.